Jumat, 23 November 2012

JOGJAKARTA, Rumah ke-3 ku




Keindahan jogja memang tidak akan perna mati. Banyak keindahan yang tercipta di sana. Entah pada umur berapa aku mengenal Jogja, yang pasti itu sudah lama sekali. Mulai hotel yang dulunya hanya 300rb permalam kini bisa sampai hingga 800rb permalam (Inna Garuda Hotel), mulai dari hotel bintang 4 hingga kelas melati, mulai dari jalan malioboro hingga dagen, mulai dari candi Prambanan hingga Pantai Paris, mulai dari yang awalnya hanya 1malam biasanya nginep di Jogja hingga kini bisa 3malam nginepnya, mulai dari koper hingga backpacker, mulai dari Tugu Jogja hingga Istana Presiden, mulai dari harga daster 15rb hingga kini bisa sampe 40rb, semuanya sudah perna aku lakukan di jogja. Tak ada kata bosan untuk kembali lagi dan lagi ke sana (padahal dulu targetku BALI, namun kini Bali sudah hilang dari target2 tempat yg ingin aku kunjungi. hahaha). Pesona alam, budaya, dan orang2 jogja yang ramah2 yang membuat aku ingin kembali kesana lagi. Dalam kurun waktu 5bulan terakhir ini pun sudah 2kali aku ke jogja, dan besok januari akan kembali ke sana lagi dengan teman2 SMA. Baru2 ini aku juga nemuin wisata alam baru yang bagus dan indah, namanya pantai Sadranan. Aku pengen kesana besok januari itu. Sungguh tempatnya bagus banget. Dan pengen ke bukit bintang juga. Katanya sih bagus tapi palingan juga kayak Malang atau Tretes. Kita nantikan saja postingan selanjutnya :D.

Hanya ingin berbagi pengalaman aja. Jogja dulu dan kini banyak yang berubah. Nol kilometer kini lebih bagus daripada beberapa tahun lalu. Hotel2 di jalan dagen pun sudah banyak yang beruba (banyak yang mahal juga). Dulu, Hotel di jalan Dagen masih ada yang 100rb permalam. Kini di sulap semua, rata2 tarif hotel di sana 300rb-800ribuan. Kalo ke sana sama orang tua sih gapapa, tapi kalo sekelas backpacker seperti aku, Sarkem (pasar kembang) dan Sosrowijayan bisa jadi pilihan. Eits, ngomong2 soal Sarkem, ternyata Sarkem tak seseram bayanganku. Aku pikir Sarkem itu seseram dolly di Surabaya, ternyata biasa aja. Bahkan dulu perna pertama kali nginep di Sarkem dan belum tau kalo Sarkem itu tempat “begituan”, kesan pertama biasa aja. Keluar malem cari angkringan juga biasa aja, ga ada yang WOW dan nunjukin kalo itu tempat prostitusi. Kembali lagi ke pengalamanku, tukang becak di jogja sudah tak sebaik dulu. Ramah sih masih, tapi mereka sekarang banyak yang berprofesi ganda menjadi tukang ”bohong” bilangnya keliling jogja hanya 5.000, tapi waktu di uter2in malah kena 25.000. biarpun sering kejogja kalo uda kena yang namanya apes, ya apes aja gitu sampe kapanpun. Hahaha. Begitu juga waktu aku naik becak bareng temenku Karina (panggilannya mak), karena pada saat itu kita dari Sidoarjo ke Jogja naik kereta api ekonomi, begitu sampe Stasiun Lempuyangan kita cari becak buat anter cari hotel. Niat awal sih mau cari di daerah Sosrowijayan, tapi sih bapak becak gak ngebolehin karna tampang kita yg tampangnya anak baik2 (begitu bodonya akupun nurut) dan si bapak ini mau nunjukin hotel murah deket Malioboro. Jreng jeeeeeeeeng, waktu sampe TKP asli syok mati2an, bener sih murah tapi karna aku hafal daerah sekeliling Malioboro dan itu masih jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhh dari Molioboro. Alhasil kita putuskan untuk cari hotel sendiri dan bayar becak dengan uang 5000(sebelumnya waktu di stasiun tadi bapak becaknya bilang terserah kita bayarnya brapa) ya karna aku pikir tarif becak disana umumnya 5000 maka aku kasih 5000. Eh si bapak malah marah2 “seng bener wae mbak semene, pikir mawon niku mau pantese pinten” (yang bener aja mbak, dipikir saja itu tadi pantesanya brapa). Jdiiiieeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrr, aku sama mak makin syok. Akhirnya aku tambahin 10rb. Di tenga jalan aku ngedumel sama mak, uda di sasarin, kasih segitu g trima kasih, bilang baik2 kek gausa marah2. Dasar tukang becak, anggep aja amal kali ya. Akhirnya kita putuskan cari penginapan di jalan dagen, karna hanya jalan itu yg dekat dari TKP tadi, ke sosrowijayanpun g mungkin karna jalan itu agak jauh dikit. Lumayan lah ya jalan kaki saat itu. Kita di sasarin pak becaknya cukup jauh, padahal tadi waktu di tanya mana malioboronya “itu mbak(sambil nunjuk), di depan itu kan uda maliioboro”. Lah dikira kita gatau rupane malioboro kayak gimana. Satu lagi, pedagang di malioboro dan pasar Bringharjo sekarang juga uda gila2an kasih harga. Masa daster(belum ditawar) harganya 60rb, uda gitu banyak pedagang galaknya di malioboro sekarang (pasar Bringharjo juga). Dulu pegang2 barang gak pake beli gapapa, mereka masih ramah, sekarang? “kalo gak niat beli gausa pegang2 mbak”. Cih, uda agak males belanja di malioboro sekarang. Mending di mirota, walau harga lebih mahal tapi gajauh bedah kok sama harga2 yang ada di malioboro dan bringharjo. Kualitas juga jauuuuhhh dari barang dagangan mereka, karyawannya juga rama2, dan stu hal GAK PERLU GONTOT2AN SAMA PEDAGANGNYA!!!!

Mungkin itu aja dulu, nanti aku posting lagi pengelaman2 menarikku di jogja dan di tempat wisata lainnya :)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar